Etika Jualan Online Yang Sudah Sepatutnya Anda Jalani
![]() | |
code of ethics |
1. Info yang ditawarkan tidak bohong dan menyesatkan
. Perhatikan bedanya antara kalimat pemanis dan kalimat menyesatkan.
2. Berikan pelanggan informasi yang akurat. Termasuk soal asal produk, jenis bahan baku, informasi pengiriman yang tepat, dan hal detail lainnya.
3. Pastikan keputusan pembelian oleh pelanggan
didasarkan pada preferensi dan keinginan sadar mereka, bukan tekanan dan
paksaan dari Anda.
4. Walaupun Anda tidak bertatap muka langsung, pelayanan Anda harus
memuaskan konsumen, bersikaplah seolah calon pembeli ada di hadapan Anda.
Selalu sabar, ramah, sabar dan terus konsisten dalam memberikan informasi ke
calon pembeli. Kepuasan pelanggan adalah segalanya dan jalan Anda menuju
sukses, oleh sebab itu jangan pernah mengecewakan konsumen.
5. Untuk mempermudah pembeli, cantumkan nomor rekening dari Bank yang
mempunyai jejaring luas banyak dipakai oleh masyarakat. Mereka senang bila
transfer sesama bank, karena ada biaya untuk transfer antar bank.
6. Dalam proses pengiriman. Kemasan dibuat menarik dan aman agar produk
tidak mudah rusak. Pilih juga jasa kurir yang handal dan telah bereputasi baik
sehingga konsumen tidak lama menunggu. Dan beri kepastian berapa lama pesanan
tiba ke alamat yang dituju.
7. Bersaing di pasar online dengan membangun reputasi Anda sendiri, bukan
dengan merusak reputasi pesaing. Dalam etika jualan online, dalam hal ini
jangan pernah menjelek-jelekan pesaing Anda. Ingat Anda dalam dunia online,
dimana bisa jadi hal itu menjadi kabar yang menyebar luas dan berdampak negatif
pada bisnis milik Anda.
Komentar
Posting Komentar